WeLCoME To DiNiE'S PLaNeT

Tuesday, June 13, 2006

InDoNEsiAkU

Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari editorial di televisi yg saya liat kemarin malam. Dalam diskusi itu dibahas mengenai “Bumi”. Kalau kita perhatikan gejala alam akhir2 ini (khususnya Indonesia) sangat mengkhawatirkan.

Coba bayangkan saja, rasanya baru kemarin bangsa ini menangis karena tsunami di Aceh yang menelan korban hampir ratusan ribu jiwa. Lalu ditambah dengan gempa bumi di Yogyakarta, yang juga menelan korban ribuan jiwa. Bukan itu saja kerusakan2 yang diakibatkan dari bencana alam tersebut telah merusak secara fisik bangunan-bangunan yang ada dan melumpuhkan semua aktifitas masyarakatnya.

Bukan itu saja, ancaman gunung meletus pun masih terus menghantui. Belum lagi masalah lain yaitu banyaknya lumpur panas yang tiba-tiba timbul di sekitar wilayah Sidoarjo yang mengakibatkan kerusakan pada lahan tanah pesawahan, rumah pendududuk, dll. Rasanya luka pun belum sembuh ditambah luka yang lain semakin sakit merintihlah bangsa ini.

Dulu, Indonesia adalah negara yang terkenal sebagai permata khatulistiwa, tanah yang subur dan saking suburnya tongkat yang ditanam bisa jadi tanaman. Belum lagi julukan “Gemah Ripah Loh Jinawinya”. Kemanakah julukan itu sekarang???

Tangan-tangan jahil telah merusak bangsaku, orang-orang yang tidak bertanggung jawab telah merampas kekayaan negeriku. Alam ini telah diperlakukan tidak adil, Illegal Logging, Pukat harimau, Pengerukan lahan-lahan potensial, Pembuangan sampah yang tidak terkoordinir dan masih banyak lagi telah dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan serakah yang hanya memperkaya diri sendiri.

Kemanakah negeri ini akan melangkah??? Kapan negara ini akan maju??? Kalau diantara kita masih ada yang tidak peduli??? Semoga saja semua kejadiaan ini membuat kita menjadi orang yang sadar dan mulai berfikir bahwa semua yang terjadi adalah teguran dari yang di-Atas atas sikap dan tingkah laku kita dalam memperlakukan alam ini.

“Mungkin alam mulai enggan bersahabat dengan kita

Yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa

Atau alam mulai bosan bersahabat dengan kita

Coba kita tanyakan pada rumput yang bergoyang……” (By:Ebith G.Ade)

Jagalah alam ini dengan sebaik mungkin. Bila mengutip kata-kata AA Gym adalah “Mari kita mulai dengan 3M” :Mulai dari yang kecil, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari sekarang. Semoga kelak kita bisa mewarisi alam ini untuk anak cucu kita agar mereka juga bisa merasakan keindahan alam ini, tanah yang subur, kekayaan laut dan hasil bumi yang melimpah serta bisa tersenyum bangga.

DiNie at 11:17 PM

0comments

0 Comments

Post a Comment